Indeks Artikel

Kota Batu – Menanggapi isu radikalisme yang berkembang di Indonesia, Kantor Kementerian Agama Kota Batu bersama Kepolisian Resort Batu mengukuhkan Dai Kamtibmas tahun 2021. Prosesi Pengukuhan berlangsung di Ruang Command Center Polres Batu pada Senin pagi (31/5). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Batu, Kakankemenag Kota Batu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Batu, serta jajaran Polsek.

Dalam arahannya Kakankemenag Kota Batu Nawawi menyampaikan adanya Da’i Kamtibmas ini sebagai penyejuk di tengah masyarakat. Ia berpesan agar para da’i dapat menyampaikan fatwa dan muatan agama dengan sejuk dan damai. “Seberat apapun persoalannya, seberat apapun fatwanya, maka para da’i harus bisa menyampaikan pada masyarakat dengan ringan, sejuk, dan damai. Nah ini akan membuat masyarakat tenteram dan nyaman,” ujar Nawawi di hadapan perwakilan Da’i Kamtibmas yang dikukuhkan.

Lebih lanjut Kakankemenag menegaskan agar para da’i memastikan setiap ceramah yang disampaikan berprinsip moderat atau wasathiyah. Hal ini mengingat adanya fenomena kelompok tertentu yang ekstrem kiri dan ekstrem kanan. Ia juga berharap dengan perkembangan teknologi yang pesat, para da’i dapat memanfaatkan media sosial sebagai saluran penyebar dakwah. Oleh karena itu muatan moderasi beragama dapat menjangkau lebih cepat dan lebih banyak massa.

Sementara itu, Kapolres Batu berharap program ini mendapat dukungan dari seluruh pihak baik dari Kemenag, Pemkot, maupun tokoh agama. Hal tersebut disambut dengan baik oleh Kabag Kesra atas nama Pemkot Batu yang menyatakan siap memberikan kontribusi dan dukungan penuh demi menyukseskan program ini.