Batu—Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Imam Turmudi menghadiri giat Dialog Interaktif dalam Rangka Peningkatan Fungsi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) di Wilayah Kota Batu Tahun 2021 pada Kamis siang (2/12). Acara yang berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Kota Batu ini mengusung tema "Peran Penghayat dalam Menjaga Nilai-Nilai Luhur serta Antisipasi terhadap Paham Radikalisme dan Terorisme di Wilayah Kota Batu". Kakankemenag hadir bersama dengan 25 orang tamu undangan, diantaranya: Kepala Kesbangpol Kota Batu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri, Danramil Tajinan, Ketua MUI, Kanit IV Polres, Dinas Pariwisata, FKUB, serta para Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kota Batu.

Dalam sambutannya, Imam Turmudi menekankan bahwa Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Kota Batu tidak ada yang mengarah pada gerakan radikal. Seiring dengan tema Kakankemenag mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama menjaga keamanan negara, terutama dalam menangkal gerakan radikal demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia juga berterima kasih kepada para Penghayat Kepercayaan yang selama ini telah membantu Kementerian Agama dalam membina masyarakat.

“Mari sama-sama kita bahu-membahu menjaga keamanan, mempertahankan NKRI ini. Tentu tanpa bantuan dari panjenengan, saudara-saudara sekalian, tugas dan amanah membina masyarakat ini tidak mudah. Oleh karenanya, Kami berterima kasih atas peran panjenengan telah membina masyarakat. Kami yakin tidak ada gerakan radikal,” pungkas Kakankemenag. (din)