Cegah Penyalahgunaan, Kemenag Musnahkan 4.616 Buku Nikah

Sebanyak 4.616 pasang buku nikah kedaluarsa dan rusak di Kantor Kemenag Kota Batu dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di area terbuka lokasi pembangunan gedung baru kantor, Rabu (11/5).

Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Imam Turmudi memulai secara simbolis prosesi pemusnahan. Turut hadir Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA, jajaran pimpinan kantor, serta mengundang beberapa saksi dari Intelkam Polres Batu.

Dalam sambutannya, Kakankemenag menegaskan seluruh buku nikah yang telah kedaluarsa dan rusak serta disetujui untuk dimusnahkan harus segera ditindaklanjuti untuk menghindari penyalahgunaan.

"Buku nikah ini laku dijual, karena ada oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan peluang ini. Jadi segera harus dimusnahkan, dan tolong semuanya yang hadir memastikan tidak ada buku nikah yang tersisa," tegas Turmudi.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Supriyadi menambahkan dari 4.616 pasang, 4.412 pasang kategori kedaluarsa dan 204 pasang kategori rusak. Adapun yang dimusnahkan yakni kutipan akta nikah (model NA) dan duplikat kutipan akta nikah (model DN).

Di sisi lain, pengelola Barang Milik Negara (BMN) Dicky Sidharta menyebut buku nikah yang kedaluarsa telah melewati dua periode Menteri Agama. Selain itu, buku nikah rusak yang telah usang, tidak dapat dipakai, salah cetak, serta salah data. (din)