Umum

Batu -- Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Imam Turmudi  menghadiri  Rapat Koordinasi Rumusan Perjanjian Kerjasama terkait Pemberian Rekomendasi Pendirian Rumah Ibadah di Kota Batu pada Senin siang (6/12). Acara berlangsung di ruang rapat Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Naker Balaikota Among Tani kesatuan Bangsa dan Politik. Selain Kakankemenag acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah dan Ketua Forum komunikasi Umat Beragama ( FKUB). 

Batu—Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Imam Turmudi menghadiri giat Dialog Interaktif dalam Rangka Peningkatan Fungsi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) di Wilayah Kota Batu Tahun 2021 pada Kamis siang (2/12). Acara yang berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Kota Batu ini mengusung tema "Peran Penghayat dalam Menjaga Nilai-Nilai Luhur serta Antisipasi terhadap Paham Radikalisme dan Terorisme di Wilayah Kota Batu". Kakankemenag hadir bersama dengan 25 orang tamu undangan, diantaranya: Kepala Kesbangpol Kota Batu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri, Danramil Tajinan, Ketua MUI, Kanit IV Polres, Dinas Pariwisata, FKUB, serta para Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kota Batu.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengecam perusakan tempat ibadah jemaat Ahmadiyah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat oleh sekelompok orang. Menurutnya, tindakan main hakim sendiri tidak bisa dibenarkan dan merupakan pelanggaran hukum.

“Tindakan sekelompok orang yang main hakim sendiri merusak rumah ibadah dan harta benda milik orang lain tidak bisa dibenarkan dan jelas merupakan pelanggaran hukum,” tegas Menag di Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Surabaya – Kantor Kemenag Kota Batu berhasil memperoleh skor tertinggi dalam giat Pendampingan Pembangunan Zona Integritas (ZI) – Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan Kanwil Kemenag Jawa Timur. Giat yang berlangsung sejak tanggal 23 hingga 26 November 2021 tersebut mendatangkan tim fasilitator dari Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenag RI. Sebanyak 109 peserta yang merupakan perwakilan setiap area perubahan ZI pada 17 satuan kerja hadir di hotel Ibis Style Surabaya. Satuan Kerja tersebut merupakan calon pilot project ZI tahun 2022 di lingkungan Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Madrasah, Pesantren, dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam bersiap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama telah menerbitkan surat edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Madrasah (RA, MI, MTs, dan MA/MAK), Pesantren, dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam Pada Masa PPKM Covid-19.

Dirjen Pendis M Ali Ramdhani mengatakan, edaran yang terbit per 30 Agustus 2021 ini mengatur panduan penyelenggaraan pembelajaran madrasah, pesantren, serta Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam berasrama dan tidak berasrama pada masa PPKM Covid-19. Lembaga Pendidikan pesantren mencakup Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), Ma’had Aly, Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), Madrasah atau Sekolah dalam Pesantren, Perguruan Tinggi dalam Pesantren, serta Pendidikan Pesantren Berbentuk Kajian Kitab Kuning (Nonformal). Sedangkan Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam, berasrama atau tidak berasrama mencakup Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lembaga Pendidikan Al Quran (LPQ).