Bimais

Cegah Penyalahgunaan, Kemenag Musnahkan 4.616 Buku Nikah

Sebanyak 4.616 pasang buku nikah kedaluarsa dan rusak di Kantor Kemenag Kota Batu dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di area terbuka lokasi pembangunan gedung baru kantor, Rabu (11/5).

Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Imam Turmudi memulai secara simbolis prosesi pemusnahan. Turut hadir Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA, jajaran pimpinan kantor, serta mengundang beberapa saksi dari Intelkam Polres Batu.

 

Batu - Senin, 11 April 2022 bertepatan dengan 9 Ramadlan 1443H terlaksana agenda Khotmil Qur'an dan Halaqoh Ramadlan putaran kedua di lingkungan Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kota Batu. Kegiatan pekan kedua ini bertempat di Masjid Noor Achmad Punten Kec. Bumiaji. Kesempatan kali dihadiri oleh KaSub Bag TU Kankemenag Kota Batu H. Achmad Faiz M.Ag. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa Penyuluh telah berperan aktif dan positif dalam mensukseskan berbagai program pemerintah dalam hal ini Kemenag RI. Untuk itu diharap peran ini diteruskan dan ditingkatkan. Program yang terGress adalah 1 Juta Vaksin Booster yang segera dilaksanakan. Selain itu penyuluh juga perlu mensukseskan pencapaian ZI (Zona Integritas) di Kankemenag Kota Batu. Secara umum ada 2 grand program kemenag RI yaitu Bimwin dan Moderasi Beragama. Semoga pembinaan ini bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi penyuluh dalam kinerjanya.

Viral di media sosial kartu nikah yang hanya menyantumkan foto suami pada tampilan depan dengan tulisan nama Kementrian Agama, bukan Kementerian Agama. Sementara pada tampilan belakang, terdapat empat kolom untuk foto istri.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin memastikan bahwa kartu itu bukan format resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, alias hoaks. “Kartu dengan foto suami dan empat kolom foto istri itu bukan kartu resmi yang diterbitkan Kementerian Agama. Itu masuk kategori hoaks karena mengatasnamakan dan menggunakan logo Kementerian Agama,” tegas Kamaruddin Amin di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Batu – Kantor Kementerian Agama Kota Batu melalui seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menggelar giat Supervisi Layanan Nikah pada Senin pagi (6/12). Acara yang berlangsung di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bumiaji ini merupakan agenda pertama dari rangkaian supervisi tiga KUA di Kota Batu. Rencananya, supervisi akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Senin hingga Rabu, 6-8 Desember 2021. Giat yang dilaksanakan tiap tiga bulan sekali ini bertujuan untuk pengendalian internal, monitoring, pemantauan dan pemeriksaan hasil pelaksanaan kegiatan administrasi nikah atau rujuk.

Kota Batu – Keputusan pemerintah untuk menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batu bergerak cepat. Menindaklanjuti Surat Edaran Bimas Islam nomor : P -003/DJ.III/HK.007/07/2021, para penyuluh Agama Islam melakukan Gerakan Nasional Peduli Umat di Masa Darurat Covid-19.