Bimais

Kota Batu – Rapat rutin Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Kemenag Kota Batu dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) kali ini berbeda. Masih dalam nuansa lebaran, rapat sekaligus halal bi halal ini berlangsung lebih santai di kediaman Kordinator Bidang Kerukunan FKUB Abdul Manaf di Banaran, Bumiaji, Kota Batu pada Rabu Sore (2/6).

Kota Batu – Menanggapi isu radikalisme yang berkembang di Indonesia, Kantor Kementerian Agama Kota Batu bersama Kepolisian Resort Batu mengukuhkan Dai Kamtibmas tahun 2021. Prosesi Pengukuhan berlangsung di Ruang Command Center Polres Batu pada Senin pagi (31/5). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Batu, Kakankemenag Kota Batu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Batu, serta jajaran Polsek.

Dalam arahannya Kakankemenag Kota Batu Nawawi menyampaikan adanya Da’i Kamtibmas ini sebagai penyejuk di tengah masyarakat. Ia berpesan agar para da’i dapat menyampaikan fatwa dan muatan agama dengan sejuk dan damai. “Seberat apapun persoalannya, seberat apapun fatwanya, maka para da’i harus bisa menyampaikan pada masyarakat dengan ringan, sejuk, dan damai. Nah ini akan membuat masyarakat tenteram dan nyaman,” ujar Nawawi di hadapan perwakilan Da’i Kamtibmas yang dikukuhkan.

Kota Batu – Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Supriyadi mengatakan, pelaksanaan ibadah berjamaah di bulan Ramadhan diperbolehkan asal mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai zonasi di lokasi masing-masing. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama No. 4 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H yang mengharuskan kapasitas jamaah di tempat ibadah maksimal 50% dengan zonasi selain orange dan merah.

“InsyaAllah penyuluh Kami yang tersebar di 24 desa se-Kota Batu akan mewarnai kegiatan Ramadhan 1442 H, yang sekaligus mengajak masyarakat dan ta’mir masjid untuk menerapkan protokol kesehatan 5M,” ujar Supriyadi saat membuka giat Khataman Al-Quran dan Kajian Ramadhan 1442 H di Masjid Gedhe Padang Mahsyar Kecamatan Bumiaji pada Rabu pagi (14/4).